S I L A B U S
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : X / 1(Ganjil )
Standar Kompetensi : 1. Memahami prinsip dan metode peningkatan aqidah
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip aqidah | Prinsip-prinsip aqidah: 1. syahadat tauhid 2. tentang kebenaran agama Islam 3. Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya 4. nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul | · Menjelaskan syahadat tauhid · Mendiskusikan tentang kebenaran agama Islam · Mempresentasikan tentang Al Qur’an sebagai kitab terakhir dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya · Menjelaskan bahwa nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul | 1.1.1 Mendeskripsikan syahadat tauhid 1.1.2 Menjelaskan tentang kebenaran agama Islam 1.1.3 Menganalisis bahwa Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya 1.1.4 Menjelaskan bahwa nabi Muhammad sebagai penutup segenap nabi dan rasul | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq yang relevan dengan SKKD Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1 White Board dan spidol 2 Kertas |
1.2. Menjelaskan metode-metode peningkatan aqidah | Macam-macam metode-metode peningkatan aqidah: 1. Doktrin 2. Hikmah 3. Kosmologi 4. Ilmiah | § Mendiskusikan metode-metode peningkatan aqidah § Mempresentasikan metode-metode peningkatan aqidah § Menjelaskan metode-metode peningkatan aqidah | 1.2.1 Mengidentifikasi metode-metode peningkatan aqidah 1.2.2 Membandingkan metode-metode peningkatan aqidah 1.2.3 Menunjukkan contoh orang yang berprilaku sesuai aqidah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq yang relevan dengan SKKD Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
1.3. Menerapkan prisip-prinsip aqidah dalam kehidupan | Prinsip-prinsip aqidah: 1. Syahadat tauhid 2. Kebenaran agama Islam 3. Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya 4. Nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul | · Menjelaskan makna syahadat tauhid · Mendiskusikan kebenaran agama Islam · Mempresentasikan Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya · Mengidentifikasi bukti-bukti kerasulan nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul | 1.3.1 Mengaplikasikan syahadat tauhid 1.3.2 Membuktikan kebenaran agama Islam 1.3.3 Menganalisis Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya 1.3.4 Membuktikan Nabi Muhammad sebagai penutup segenap Nabi dan Rasul | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq yang relevan dengan SKKD Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
1.4. Menerapkan metode-metode peningkatan aqidah dalam kehidupan | Macam-macam metode-metode peningkatan aqidah: 1. Doktrin 2. Hikmah 3. Kosmologi 4. Ilmiah | · Menjelaskan metode doktrin dalam aqidah · Mendiskusikan metode hikmah dalam aqidah · Mencari dan membaca buku tentang metode kosmologi dalam aqidah · Mempresentasikan metode ilmiah dalam aqidah | 1.4.1 Mengaplikasikan metode doktrin dalam aqidah 1.4.2 Mendemonstrasikan metode hikmah dalam aqidah 1.4.3 Mengaplikasikan metode metode kosmologi dalam aqidah 1.4.4Mendemonstrasikan metode ilmiah dalam aqidah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq yang relevan dengan SKKD Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar