S I L A B U S
Nama Sekolah : MA Darut Taqwa
Mata Pelajartan : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami ilmu kalam
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ ALAT |
1.1. Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam | Pengertian dan fungsi ilmu kalam | · Menjelaskan pengertian ilmu kalam · Mendiskusikan fungsi ilmu kalam · Membaca referensi yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam | 1.1.1. Mendefnisikan pengertian ilmu kalam 1.1.2. Menjelaskan fungsi ilmu kalam 1.1.3. Menelusuri sejarah munculnya ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1 White Board dan spidol 2 Kertas |
1.2. Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya. | Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya. | § Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam § Menelusuri latar belakang ilmu kalam § Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam | 1.2.1. Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam 1.2.2. Menjelaskan latar belakang ilmu kalam 1.2.3. Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
1.3. Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah | Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah | · Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam · Mendemonstrasikan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah | 1.3.1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam 1.3.2. Menunjukkan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ ALAT |
2.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan) | Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan) | · Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam · Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam · Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam ilmu kalam | 2.1.1 Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam 2.1.2 Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam 2.1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1 White Board dan spidol 2 Kertas |
2.2 Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya | Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya | § Mendiskusikan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya § Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam | 2.2.1 Membandin-gkan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya 2.2.2 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
2.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | Beberapa contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | · Membaca buku referensi tentang sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam. · Mendiskusikan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam. | 2.3.1 Menjelaskan sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam 2.3.2 Menjelaskan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
2.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat | Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat | · Mendiskusikan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam · Membaca buku referensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam | 2.4.1 Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam 2.4.2 Menjelaskan dasar pemikiran dalam ilmu kalam | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | · Menjelaskan pengertian menutup aurat · Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita · Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 3.1.1. Menjelaskan pengertian menutup aurat 3.1.2. Menunjukkan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita 3.1.3. Mengidentifikasi dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
3.2 Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | § Menjelaskan pengertian bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu § Mendiskusikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 3..2.1 Menjelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 3.2.2 Memban-dingkan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan | Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan | · Menjelaskan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu · Mendiskusikan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 3.3.1 Menyebutkan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 3.3.2 Menunjukkan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
3.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | · Menjelaskan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu · Memberikan contoh orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | 3.4.1 Menunjukan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu 3.4.2 Meneladani orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Standar Kompetensi : 4. Menghindari perilaku tercela
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ALAT |
4.1. Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | · Menjelaskan definisi dosa besar · Membaca, menulis menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | 4.1.1. Mendefinisikan tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) 4.1.2. Mencari dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia” Bahan: Lembar kerja dan hasil kerja siswa Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
4.2. Mengidentifi-kasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | § Menjelaskan macam-macam dosa besar § Mendiskusikan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | 4.2.1. Menyebutkan macam-macam dosa besar 4.2.2. Menunjukkan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
4.3. Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | · Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) · Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | 4.3.1. Menjelaskan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) 4.3.2. Menunjukkan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
4.4. Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) | · Membaca referensi tentang akibat positif meninggalkan dosa besar · Mencari contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar · Mendiskusikan hikmah dari menghindari dosa besar | 4.4.1. Menjelaskan akibat positif meninggalkan dosa besar 4.4.2. Membiasakan menghindari dosa besar 4.4.3. Menjelaskan hikmah menghindari dosa besar | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
S I L A B U S
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : 5. Memahami tasawuf
Alokasi Waktu per semester : .... JP
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN/ ALAT |
5.1. Menjelaskan pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf | Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf | · Menjelaskan pengertian tasawuf · Mencari referensi asal usul tasawuf · Menjelaskan istilah-istilah dalam tasawuf | 5.1.1. Mendefinisikan tentang tasawuf 5.1.2. Menjelaskan asal usul tasawuf 5.1.3. Menyebutkan istilah-istilah dalam tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
5.2. Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | § Mendeskripsikan karakteristik tasawuf § Menjelaskan pentingnya tasawuf § Mendiskusikan hubungan tasawuf dengan akhlak | 5.2.1. Menjelaskan karakteristik tasawuf 5.2.2. Menunjukkan pentingnya tasawuf 5.2.3. Menjelaskan hubungan antara akhlak dengan tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
5.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf | Contoh-contoh perilaku bertasawuf | · Membaca referensi tentang tokoh-tokoh dalam tasawuf · Mendiskusikan maqamat-maqomat dalam tasawuf | 5.3.1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam tasawuf 5.3.2. Menyebutkan maqamat-maqomat dalam tasawuf | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 4 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
5.4. Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern | Tasawuf dalam kehidupan modern | · Mendiskusikan hikmah bertasawuf · Memberikan contoh orang-orang yang bertasawuf · Mendiskusikan peran tasawuf dalam kehidupan modern | 5.4.1 Menjelaskan hikmah bertasawuf 5.4.2 Meneladani orang-orang yang bertasawuf 5.4.3 Menunjukan peran tasawuf dalam kehidupan modern | Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes | 2 Jam | Sumber : Buku Aqidah Akhlak yang relevan Bahan: Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi Alat : 1. White Board dan spidol 2. Kertas |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar